P[RAY]HOUSE

1:23:00 AM


ada yang tau itu bangunan apa?
sekilas mirip rumah.
tapi setalah dilihat-lihat lagi, ternyata itu masjd !
woowww! :D

ini masjid kedua terunik yang pernah aku lihat dan ada di Indonesia, 
setelah masjid Al Irsyad karya ridwan kamil yang ada di Kota Baru Parahyangan.
Masjid ini berlokasi di cibubur dan merupakan masjid untuk sebuah perumahan, didirikan untuk menyambut bulan suci ramadhan! Subhanallah..


Masjid-masjid di Indonesia memang memiliki arsitektur yang beragam, mulai dari arsitektur jawa, campuran Hindu-Jawa-Islam seperti masjid Agung Demak, Arsitektur modern seperti Masjid Agung Surabaya dan Masjid Agung Jawa Tengah dan masih banyak lagi.

Unsur yang selalu dapat dijumpai dalam setiap masjid tersebut antara lain kaligrafi. Dimanapun kita menemui masjid, kita akan selalu mendapatkan kaligrafi sebagai ornamen, baik yang menyatudengan bangunan maupun pajangan,

Unsur lain ciri khas masjid yang mudah dijumpai adalah kubah. Sebagian besar masjid di Indonesia bahkan di dunia menggunakan kubah. Karena kubah memiliki ciri sipitual yang tinggi. Pada masjid bergaya Jawa, atap yang dijunakan adalah atap limasan yang memiliki satu titik ujung. Sebuah pemikiran bahwa kita beribadah untuk Yang di Atas.

Ada pula minaret atau menara sebagai ciri khas masjid. Juga moorish (bentuk melengkung-lengkung)


Masjid ini meski sekilas memiliki bentuk seperti rumah namun ia memiliki ornamen 'kaligrafi' yang membentuk tulisan Baitul A'laa yang artinya Tempat yang tinggi. Juga memiliki satu sisi bangunan yang ditinggikan yang dapat disimbolkan sebagai minaret. Mengenai unsur kubah, saya tidak menemukan sesuatu apapun yang dapat menggantikan perannya. Dan memang tidak harus sebuah masjid untuk memiliki kubah. Asalkan ia dapat memenuhi fungsinya sebagai tempat beribadah maka ia layak.

Elemen lain yang membuat masjid ini menarik adalah penggunaan lampu sebagai ornamen yang mencolok dan membuat bangunan ini terlihat beda.
#think different#



Original source : Archdaily
P[RAY]HOUSE / Julian Palapa + Bayu Rismabuana


You Might Also Like

4 comments

  1. karyanya Julian palapa, bisa diliat di archdaily tuh..

    ReplyDelete
  2. Keren banget masjidnya. Futuristik banget, saya suka sama tata lampunya.

    ReplyDelete

Subscribe