Kesendirian sebagai Hadiah Ulang Tahun Terindah

8:21:00 AM

Image result for red velvet cake


Adakalanya kesendirian menjadi hadiah ulang tahun terbaik. Keheningan menghadirkan pemikiran yang bergerak ke dalam, menembus rahasia terciptanya waktu.

Keheningan menghapuskan kenangan, mengembalian cinta yang hilang, menerbangkan amarah, mengulang manis keberhasilan dan indah kegagalan. Hening menjadi cermin yang membuat kita berkaca – suka atau tidak pada hasilnya.

Lilin merah berdiri megah di atas glaur, kilau apinya menerangi usia yang baru berganti. Namun seusai disembur napas, lilin tersungkur mati di dasar tempat sampah. Hangat nyalanya sebatas sumbu dan udailah sudah.

Sederet doa tanpa api menghangatkanmu di setiap kue hari, kalori bagi kekuatan hati yang tak habis dicerna usus. Lilin tanpa sumbu menyala dalam jiwa, menerangi jalan setapakmu ketika dunia terlelap dalam gelap.

Berbahagialah, sesungguhnya engkau mempu berulangtahun setiap hari.

Lilin Merah, 1998 – Filofosi Kopi

-

Ulang tahun sering dianggap suatu hal istimewa oleh sebagian besar orang. Tak jarang banyak masalah muncul karena seseorang lupa akan hari istimewa seseorang yang lain.Atau karena hari istimewa seseorang yang kurang dihargai orang-orang terdekatnya.

Menurutku ulang tahun adalah saatnya introspeksi diri. Apa yang sudah ku lakukan hingga usiaku sekarang. Apa yang aku lakukan di sisa usiaku mendatang. Merenung dalam diam, tentang mimpi dan cita-cita yang ingin dicapai.

Mungkin jika kita sanggup menghitung, ada ribuan bahkan jutaan keinginan yang tak terwujud. Tapi bukan karena Allah tak adil,  itu karena ilmu Allah sangat sempurna sehingga Ia tahu mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita. Dan yakinlah, Allah yang paling mengerti apa yang kita butuhkan dan paling mengerti apa yang terbaik untuk kita.

Ulang tahun bukan moment untuk meminta segalanya, bukan saat untuk menuntut segalanya.

Dari hanamasa terjun ke bebek slamet, tapi itulah takdir. Selamat ulang tahun Pak Boss, semoga bisa mengisi sisa hidup dengan hal-hal yang bermanfaat.


ditulis setelah makan-makan pak bos KLD
-
di post di Tasikmalaya, 27 Desember 2019
karena lagi ngidam red velvet dan ga tau harus cari dimana,
sungguh ku rimdu Yogyakarta dan semua makanannya,
beserta semua kenangannya.


You Might Also Like

0 comments

Subscribe